REPORT Text – Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri, Contoh

Diposting pada

LabBahasaInggris.co.id – Artikel hari ini saya akan memberikan beberapa informasi tentang Report Text – Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri, Contoh.

Yuk kita simak bersama!

Report Text – Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri, Contoh

REPORT Text - Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri, Contoh
REPORT Text – Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri, Contoh

Pengertian Report Text

Pengertian Report Text adalah salah satu jenis teks dalam Bahasa Inggris yang menjelaskan secara detail tentang suatu objek dalam kajian ilmiah yang meliputi penjabaran objek, baik secara fisik maupun secara nonfisik dari objek yang dijelaskan tersebut.


Tujuan Report Text

Tujuan Report Text  adalah untuk memberikan informasi-informasi kepada pembaca mengenai objek yang dijelaskan dalam Report Text ini sendiri.

Meskipun Report Text dan Description Text memang hampir sama, namun sebenarnya dua teks ini sejatinya adalah berbeda. Report Text cenderung mengarah ke teks faktual ilmiah dan lebih umum dibandingkan dengan Descriptive Text sehingga tidak ada opini subjektif dari penulis.

Jika berbicara tentang sebuah text yang berisi tentang sebuah penjelasan, maka sempat terbesit sebuah pertanyaan.

Apa perbedaan antara Descriptive Text dan Report Text?

Ilustrasi:

Suatu hari saya pergi ke dealer motor Kawasaki. Saya membeli motor Kawasaki W175. Jika saya menjelaskan tentang motor ini tanpa ada perubahan bentuk atau yang sering disebut modifikasi, maka penjelasan itu bisa masuk dalam kategori Report Text, namun jika sebaliknya, saya sudah memodifikasi W175 dengan tambahan bagian-bagian yang bukan standar bawaan pabrik, maka ketika saya menjelaskan motor ini dalam bentuk text, itu akan masuk dalam kategori Descriptive Text. Mengapa demikian? Karena objek “W175” sudah dimodifikasi dan mengalami perubahan yang membedakan antara W175 yang telah dimodifikasi dengan W175 yang masih standar bawaan pabrik.

Saya ambil sebuah judul sebagai contoh yang memudahkan kalian untuk memahaminya:

  • Report Text: KAWASAKI W175 
    menjelaskan semua jenis motor Kawasaki W175 yang masih standar bawaan pabrik tanpa ada yang dimodifikasi satu pun.
  • Descriptive Text: My KAWASAKI W175 Custom
    menjelaskan tentang Kawasaki W175 yang sudah mengalami modifikasi.

Perhatikan contoh judul dan gambar di bawah ini:

Report Text: KAWASAKI W175
Report Text: KAWASAKI W175 SE
Descriptive Text: My KAWASAKI W175 Custom
Descriptive Text: My KAWASAKI W175 Custom


Struktur Report Text

Report Text memiliki Generic Structure yang sama dengan Descriptive Text, yaitu:

General Classification

Bagian ini berisi pernyataan umum yang menjelaskan keterangan objek dari Report Text ini.

Contoh: KAWASAKI W175 SE

The retro motorbike is currently loved by the global market, including Indonesia. One motorbike with a retro design and has quite a lot of buffs is the Kawasaki W175 motorbike. This is proven by the sales of Kawasaki W175 motorcycles that are quite a lot in each month which is priced at Rp 30.8 million for the Special Edition (SE) type.
Motor dengan desain retro sedang ramai digandrungi pasar global, termasuk Indonesia. Salah satu motor dengan desain retro dan memiliki penyuka cukup banyak adalah motor Kawasaki W175. Hal ini terbukti dengan penjualan motor Kawasaki W175 yang cukup banyak di setiap bulannya yang dibandrol seharga Rp 30,8 juta untuk tipe Special Edition (SE).

Description

Bagian ini biasanya memberikan gambaran fenomena atau situasi yang terjadi, baik bagian-bagiannya, sifat, kebiasaan ataupun tingkah lakunya. Pada intinya, bagian ini menjabarkan klasifikasi yang disajikan secara ilmiah. Namun, hal yang perlu diingat bahwa Report Text bukan merupakan teks berita, tetapi teks faktual ilmiah.

Contoh: KAWASAKI W175 SE

The design of the Kawasaki W175 will have an impact on the comfort that the rider feels when driving because having a seat that is accompanied by a soft suspension will make the rider feel comfortable driving this bike at every opportunity. The sitting position of the Kawasaki W175 is fairly low and relaxed, its seat height is only 775 mm. A rider with a height of 168 cm can walk perfectly even though the seats are fairly wide and thick. The 13.5-litre tank, although it looks big, is still comfortable, because right on the thighs the area is smaller. It’s just that the handlebars are a little less high so your back needs to bend down a little. Footstep position in front of the seat also makes the sitting position more relaxed but unfortunately, the position of the gear lever and rear brake feels too high, so that when going down or braking forced to bend more.
Desain pada kawasaki W175 ini akan berdampak pada kenyamanan yang rider rasakan ketika berkendara karena memiliki jok yang disertai suspensi yang empuk akan membuat rider betah mengendarakan motor ini di setiap kesempatan. Posisi duduk Kawasaki W175 yang terbilang rendah dan santai, tinggi jok nya hanya 775 mm. Rider dengan tinggi badan 168 cm bisa menapakan kaki dengan sempurna meski joknya terbilang lebar dan tebal. Tangki 13,5 liternya meskipun terlihat besar tapi tetap nyaman, karena tepat di bagian paha menjepit areanya lebih mengecil. Hanya saja setang pipanya sedikit kurang tinggi sehingga punggung perlu menunduk sedikit. Posisi footstep berada di depan jok juga menjadikan posisi duduk lebih santai tapi sayangnya, posisi tuas persneling dan rem belakang rasanya terlalu tinggi, sehingga saat akan menurunkan gigi atau mengerem dipaksa lebih menekuk.


Ciri-Ciri Report Text

Report Text memiliki Ciri Kebahasaan atau Language Features sebagai berikut:

  • Judul teks terlihat lebih umum
  • Menggunakan Simple Present Tense
  • Berisi fakta-fakta ilmiah

Yuk, kita ulas tentang Ciri Kebahasaan yang ada pada Report Text.

1. Judul teks terlihat lebih umum

Contoh:

  • KAWASAKI W175 SE

2. Menggunakan Simple Present Tense

Contoh:

  • The sitting position of the Kawasaki W175 is fairly low and relaxed, its seat height is only 775 mm.

3. Berisi fakta-fakta ilmiah

Contoh:

  • The sitting position of the Kawasaki W175 is fairly low and relaxed, its seat height is only 775 mm. A rider with a height of 168 cm can walk perfectly even though the seats are fairly wide and thick. The 13.5-litre tank, although it looks big, is still comfortable, because right on the thighs the area is smaller.


Contoh Report Text

Berdasarkan penjelasan di atas, saya akan memberikan kalian sebuah contoh Report Text tentang Otomotif.

REPORT Text - Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri, Contoh
REPORT Text – Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri, Contoh

KAWASAKI W175 SE

The retro motorbike is currently loved by the global market, including Indonesia. One motorbike with a retro design and has quite a lot of buffs is the Kawasaki W175 motorbike. This is proven by the sales of Kawasaki W175 motorcycles that are quite a lot in each month which is priced at Rp 30.8 million for the Special Edition (SE) type.

SEATED POSITION
REPORT Text - Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri, Contoh
Report Text – KAWASAKI W175 SE – Seated Position

The design of the Kawasaki W175 will have an impact on the comfort that the rider feels when driving because having a seat that is accompanied by a soft suspension will make the rider feel comfortable driving this bike at every opportunity. The sitting position of the Kawasaki W175 is fairly low and relaxed, its seat height is only 775 mm. A rider with a height of 168 cm can walk perfectly even though the seats are fairly wide and thick. The 13.5-litre tank, although it looks big, is still comfortable, because right on the thighs the area is smaller. It’s just that the handlebars are a little less high so your back needs to bend down a little. Footstep position in front of the seat also makes the sitting position more relaxed but unfortunately, the position of the gear lever and rear brake feels too high, so that when going down or braking forced to bend more.


HANDLING

The wheelbase is only 1,275 mm and the weight of the Kawasaki W175 is only 126 kg so it is the main cause. The handling is even better because the rigid chassis is supported by a relatively silent suspension, the type of chassis is ‘Highly Rigid Semi-Double Cradle Frame’. Light and agile is the main impression that is felt when carrying this motor running. What about the Kawasaki W175 damping suspension? The front, 30 mm telescopic, when passing through uneven roads is very good at absorbing shocks. While the rear suspension for motorists weighing 73 kg feels a bit harsh. But no need to worry because it has 5 levels of preload settings. The default setting at level 2 means it can still be downgraded 1 level.


BRAKING

To reduce the rate, Kawasaki W175 uses 220 mm diameter disc brakes in front with dual-piston callipers clamped, then drum for 110 mm diameter rear. Although it looks small, its performance is very able to reduce the speed of the motor well, including on the road down.


PERFORMANCE
REPORT Text - Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri, Contoh
Report Text – KAWASAKI W175 SE – Engine

Try Kawasaki W175 in the Rainbow Hills area which is filled with uphill and downhill conditions so you can really feel the capabilities of the engine. The Kawasaki W175 engine is a 177cc still carburettor with a maximum power claim of 12.9 hp at 7,500 rpm and torque of 13.2 Nm at 6,000 rpm. Notice the torque peak, really low at only 6,000 rpm, for relaxing riding, stop and go is definitely good. And sure enough, it turns out the character of the engine also really support for relaxed driving.


DESIGN and FEATURES

It turns out that Kawasaki W175 carries the classic concept or the style of British Naked Motorcycle, which carries the theme of Absolute Respect. The shape is completely round and very similar to other W families, namely W250 (Estrella) and W800. The speedometer area is thick with a classic aura and really minimalist because there are only speed, odometer, and trip meter instructions with a black background and classic font shapes. Next, there are only indicators of distant lights, turn signal and neutral course. There is no gasoline indicator?

REPORT Text - Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri, Contoh
Report Text – KAWASAKI W175 SE – Speedometer

To make it feel more classic, to find out the gas is draining the rider must open the tank cap and shake it, and listen to the sound of gasoline is still a lot or a little. To be safe, if you fill-up the gas full or half, turn the faucet on.

Part of the exhaust is also whitewashed in black, the Peashooter-Style exhaust model reminds us of motorcycles of the past year. The left side body contains a battery, fuse, toolbox and other electrical devices that can be opened using a key.

REPORT Text - Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri, Contoh
Report Text – KAWASAKI W175 SE – Exhaust

For headlights using 60/55 watt H4 bulb, unfortunately, the reflector and the mica are too modern, multi-reflector and plain without lines, so it is less classic. Oddly enough, the turn signal and rearview mirrors are exactly the Kawasaki KLX 150L, ​​but they also match the classic style.


Specifications Data
  • Engine type: 4 strokes, single cylinder
  • Engine capacity: 177 cc
  • Bore X Stroke: 65.5 x 52.4 mm
  • Compression ratio: 9.1: 1
  • Valve system: SOHC, 2 valves
  • Fuel system: Mikuni Carburetor VM24
  • Maximum power: 12.9 hp / 7,500 rpm
  • Maximum torque: 13.2 Nm / 6,000 rpm
  • Front suspension: 30 mm telescopic
  • Rear suspension: Dual shock
  • Front brake: 220 mm discs
  • Rear brakes: 110 mm drum
  • L x W x H: 1,930 mm X 765 mm X 1,030 mm
  • Wheelbase: 1,275 mm
  • Seat height: 775 mm
  • Weight: 126 kg
  • Tank capacity: 13.5 litres
  • Transmission: 5 speed
  • Frame Type: Semi-double cradle
  • Front tires: 80 / 100-17
  • Rear tire: 100 / 90-17


Terjemahan

Catatan: Pada terjemahan tentang KAWASAKI W175 SE saya menggunakan bahasa yang sedikit informal supaya lebih terkesan santai dalam membacanya.

KAWASAKI W175 SE

Motor dengan desain retro sedang ramai digandrungi pasar global, termasuk Indonesia. Salah satu motor dengan desain retro dan memiliki penyuka cukup banyak adalah motor Kawasaki W175. Hal ini terbukti dengan penjualan motor Kawasaki W175 yang cukup banyak di setiap bulannya yang dibandrol seharga Rp 30,8 juta untuk tipe Special Edition (SE).


POSISI DUDUK

Desain pada kawasaki W175 ini akan berdampak pada kenyamanan yang rider rasakan ketika berkendara karena memiliki jok yang disertai suspensi yang empuk akan membuat rider betah mengendarakan motor ini di setiap kesempatan. Posisi duduk Kawasaki W175 yang terbilang rendah dan santai, tinggi jok nya hanya 775 mm. Rider dengan tinggi badan 168 cm bisa menapakan kaki dengan sempurna meski joknya terbilang lebar dan tebal. Tangki 13,5 liternya meskipun terlihat besar tapi tetap nyaman, karena tepat di bagian paha menjepit areanya lebih mengecil. Hanya saja setang pipanya sedikit kurang tinggi sehingga punggung perlu menunduk sedikit. Posisi footstep berada di depan jok juga menjadikan posisi duduk lebih santai tapi sayangnya, posisi tuas persneling dan rem belakang rasanya terlalu tinggi, sehingga saat akan menurunkan gigi atau mengerem dipaksa lebih menekuk.


HANDLING

Jarak sumbu roda cuma 1.275 mm dan bobot Kawasaki W175 hanya 126 kg jadi penyebab utama. Handlingnya makin enak karena sasisnya rigid yang ditunjang suspensi yang tergolong diam, tipe sasis nya ‘Highly Rigid Semi-Double Cradle Frame’. Ringan dan lincah adalah impresi utama yang dirasakan ketika membawa motor ini berjalan. Bagaimana dengan redaman suspensi Kawasaki W175? Yang depan, teleskopik 30 mm, ketika melewati jalan tidak rata sangat baik meredam guncangan. Sementara suspensi belakang untuk pengendara berbobot 73 kg rasanya agak keras. Tapi tidak perlu khawatir karena punya setelan preload 5 tingkat. Setelan standar ada di tingkat 2 berarti masih bisa diturunkan 1 tingkat.


PENGEREMAN

Untuk mengurangi laju, Kawasaki W175 menggunakan rem cakram berdiameter 220 mm di depan yang dijepit kaliper dual piston, lalu tromol untuk belakang berdiameter 110 mm. Kendati terlihat kecil, tapi kinerjanya sangat mampu menurunkan laju motor dengan baik termasuk di jalan menurun.


PERFORMA

Mencoba Kawasaki W175 di area Rainbow Hills yang dipenuhi dengan kondisi menanjak dan menurun jadi benar-benar bisa merasakan kemampuan mesinnya. Mesin Kawasaki W175 adalah 177cc masih karburator dengan klaim tenaga maksimal 12,9 dk di 7.500 rpm dan torsi 13,2 Nm di 6.000 rpm. Perhatikan puncak torsinya, rendah banget cuma di 6.000 rpm, buat riding santai, stop and go pasti enak nih. Dan benar saja, ternyata dari karakter mesinnya juga memang menunjang banget untuk berkendara santai.


DESAIN dan FITUR

Ternyata Kawasaki W175 mengusung konsep klasik atau bergaya British Naked Motorcycle, yang mengangkat tema Absolute Respect. Bentuknya serba bulat dan sangat mirip keluarga W lainnya, yaitu W250 (Estrella) dan W800. Area spidometernya kental dengan aura klasik dan sungguh minimalis, karena hanya tersedia petunjuk kecepatan, odometer, dan tripmeter dengan latar hitam dan bentuk font klasik. Di sebelahnya hanya ada indikator lampu jauh, sein dan netral saja. Gak ada indikator bensin?

Biar makin terasa klasik, untuk mengetahui bensin sudah tiris pengendaranya harus membuka tutup tangki lalu menggoyangnya, dan dengarkan suara bensinnya masih banyak atau sedikit. Biar aman, kalau habis mengisi bensin penuh atau setengah, putar kran ke on.

Bagian knalpot pun juga dilabur warna hitam pekat, model knalpotnya Peashooter-Style yang mengingatkan kita akan motor tahun lampau. Bodi samping sebelah kiri berisi aki, sekring, toolbox dan perangkat kelistrikan lainnya yang bisa dibuka menggunakan anak kunci.

Untuk lampu utama pakai bohlam H4 60/55 watt, sayang reflektor dan mikanya terlalu modern, multireflektor dan polos tanpa garis-garis, jadi kurang klasik. Anehnya, lampu sein dan spion malah persis Kawasaki KLX 150L, match juga sih dengan gaya klasiknya.


Data Spesifikasi

  • Tipe mesin : 4 tak, silinder tunggal
  • Kapasitas mesin : 177 cc
  • Bore X Stroke : 65,5 x 52,4 mm
  • Rasio kompresi : 9,1:1
  • Sistem katup : SOHC, 2 katup
  • Sistem bahan bakar : Karburator Mikuni VM24
  • Tenaga maksimum : 12,9 dk/7.500 rpm
  • Torsi maksimum : 13,2 Nm/6.000 rpm
  • Suspensi depan : Teleskopik 30 mm
  • Suspensi belakang : Dual shock
  • Rem depan : Cakram 220 mm
  • Rem belakang : Tromol 110 mm
  • P x L x T : 1.930 mm X 765 mm X 1.030 mm
  • Jarak sumbu roda : 1.275 mm
  • Tinggi jok : 775 mm
  • Berat : 126 kg
  • Kapasitas tangki : 13,5 liter
  • Transmisi : 5 percepatan
  • Tipe rangka : Semi-double cradle
  • Ban depan : 80/100-17
  • Ban belakang : 100/90-17

Demikian REPORT Text – Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri, Contoh.

Semoga contoh ini dapat membantu kalian merangkai kata dan membuat sebuah Review Text Bahasa Inggris dengan kalimat dan situasi kalian masing-masing. Tetap semangat belajar! Good Luck.

Jangan lupa berbagi kebaikan dengan share artikel ini kepada teman-teman kalian ya guys… Good Luck!